@76 2 Hal Yang Paling Besar


“Dua perkara yang tiada keutamaan melebihi keduanya; Iman kepada Allah dan Bermanfaat bagi kaum Muslimin” (Hadits)

Apa yang ingin disampaikan oleh Rasulullah ini sangat mencakup makna yang luas untuk kita renungkan, walau hanya disebutkan 2 perkara induk yang harus digaris bawahi dalam penjelasan ini, tapi jika kita bisa menyelami lebih dalam lagi arti hadits ini maka kita akan menemukan inti ajaran yang ingin disampaikan beliau kepada umatnya. Berikut akan saya uraikan masing-masing dari dua perkara tersebut.

1.                  Iman Kepada Allah, sebagaimana kita ketahui bahwa dalam beragama kita sangat membutuhkan sebuah kepercayaan, sebuah keyakinan yang mantap dan reel, jadi jangan heran jika hal mengenai kepercayaan ini disebut paling pertama, karena kepercayaan dalam hati akan membawa kita kepada kesuksesan kita dalam menjalani hidup. Yakin bahwa Allah adalah Tuhan yang memang sepantasnya untuk diakui ke-MAHA-annya, sehingga dengan itu semua kita diharapkan akan menjalani hidup ini sesuai dengan tuntunan ajaran agama Allah itu sendiri. Dan jelas hal itu akan membawa kita kepada kemuliaan yang besar.

2.                  Bermanfaat Bagi Muslimin, kalau diatas lebih mengedepankan masalah kepercayaan yang tempatnya ada di dalam hati, membahas masalah asas yang Haq tentang doktrin agama ini, maka ini adalah buah dari keyakinan itu sendiri, hasil dari perjuangan kita menumbuhkan kepercayaan yang besar kepada Allah SWT sebagai Rabb yang berhak mengatur kehidupan manusia di muka bumi  sepenuhnya. Sudah jelas bagaimana kedua hal ini menjadi begitu mulia untuk dilakukan, betapa beruntung orang yang bisa menjalankan keduannya dengan seimbang dan produktif di seluruh sekte kehidupan ini.

Semoga kita semua diberi keleluasaan  dalam menjalankan dua misi utama ini, semoga Allah senantiasa membantu kita untuk menjadi hamba-Nya yang saleh dan ­Muttaqien. Amien.

Komentar

Posting Komentar

Google + Follower's