@83 Kuliah


Kuliah adalah sebuah kata yang cukup menggambarkan bahwa pendidikan ada sampai tingkat tertinggi. Kuliah juga terdengar begitu familiar bagi kebanyakan orang yang mementingkan dunia pendidikan. Tapi bagaimana jadinya jika ada di antara kita lebih meyakini bahwa tidak kuliah tentu lebih baik daripada yang kuliah…?

Yah, seperti itulah yang saya alami sekarang, merasa bahwa apa yang mereka kerjakan di atas bangku kampus adalah sebuah sarana saja untuk mendapatkan gelar nantinya, sehingga dengan ijazah itu ia bisa melanglangbuana melamar pekerjaan ke berbagai lembaga, dan saat ini mengapa saya meyakini bahwa apa-apa yang diajarkan di bangku perkuliahan nanti malah akan menjadi sebuah teori tanpa praktik belaka, duduk mendengarkan dosen sambil mencatat apa yang beliau bicarakan adalah kegiatan rutin sehari-hari, semoga saja apa yang mereka sampaikan bisa masuk ke hati kita lalu kemudian kita sulap semua ide itu menjadi sebuah kegiatan yang nyata.

Ya, itu masih sebuah pemikiran yang tidak jelas asal-usulnya dan kini tengah berkeliling di pikiran saya. Semoga saja semua sirna nantinya jika saya lebih memilih bangku perkuliahan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ketika saya tengah menyadari bahwa apa yang diajarkan di perkuliahan merupakan bagian dari beberapa ilmu Nafi’ yang bisa saya raih.

Namun pertanyaan besar menyusul dalam benak saya, betapa tidak? Saat ini saya pun bingung ingin melanjutkan pendidikan kemana, ada beribu-ribu macam Universitas yang terhampar di jajaran nusantara, namun saat ini saya masih dibikin aoleng oleh berbagai tawaran yang keluar sendiri dari dalam diri saya sendiri dan entah itu dari luar diri saya (faktor eksternal).

Wuaaaduh, sungguh repot memikirkan semua ini, mengapa semuanya terasa berlebihan, sudahlah biarkan semua berjalan apa adanya, biarkan ia mengalir dengan rinai dan penuh penghayatan, akan kuliah dimana biarlah nanti pun akan datang setelah tiba masa ketenangan. Semua ke’panikan’ teman-teman saya tentang hal ini pun semoga tidak menjadikan dia lupa bahwa hidup ini sudah rumit dan jangan diperumit lagi…!!!

          
  Salam Blogger Salam Perkuliahan…!

Komentar

Google + Follower's