@108 Berbuat Baik Kepada Sesama Merupakan Jalan Menuju Kesempurnaan Iman

Dari Anas RA. Dari Nabi Saw. Bersabda, "tidaklah sempurna keimanan seseorang dari kalian, sebelum ia mencintai saudaranya (sesama muslim) sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Bukhori no. 13)

Imam Nawawi berkata "Cinta adalah kecendrungan terhadap sesuatu yang diinginkan. Sesuatu yang dicintai tersebut dapat berupa sesuatu yang diindera, seperti bentuk, atau dapat juga berupa perbuatan seperti kesempurnaan, keutamaan, mengambil manfaat atau menolak bahaya. Kecendrungan disini bersifat 'ikhtiyari' (kebebasan), bukan bersifat alami atau paksaan. maksud lain dari cinta disini adalah cinta dan senang jika saudaranya mendapatkan seperti apa yang dia dapatkan, baik hal yang bersifat indrawi atau maknawi." (1)

Jadi bukanlah hal yang disenangi oleh Allah jika kita hanya gemar membuat orang geram dan mengelus dada saja (karena ulah jahat kita, pen), akan tetapi marilah kita tumbuhkan rasa kasih sayang persaudaraan kita, saling mengasihi sesama teman dan saling berbagi kepada yang membutuhkan.

Mengenai ini ada sebuah hadits, Dari Abi Musa berkata, "mereka bertanya, "Wahai Rasulullah, bagaimanakah islam yang paling afdhol itu? Nabi menjawab, "seorang muslim yang menyelamatkan orang muslim lainnya dari bencana akibat perbuatan lidah dan tangannya" (HR. Bukhari, hadits no. 11)

__________________

(1) Alhafidz Ibnu Hajar, Fathul Baari (ind), I, hal. 96 Pustaka Azzam: jakarta, 2002

Komentar

Google + Follower's