@97 Hidup Cerdas Ala Muslim

Assalamu'alaikum...

Bismillahirrohmanirrohiem....

Sebagai seorang muslim yang cerdas dan beradab, kita harus mengatur seluruh rentetan kehidupan kita dengan serinci-rincinya, semua agenda maupun schedule kita sehari-hari harus tertata rapi, agar tercapainya tujuan hidup yang maksimal dan berarti.

1.Bersyukur
Hal pertama yang harus dilakukan seorang muslim yang pertama kali adalah bersyukur, karena sebagaimana kita ketahui bahwa bersyukur itu adalah langkah awal yang bisa kita lakukan agar mencapai ridho-Nya, tanpa rasa syukur yang ada pada diri kita, semua terasa hampa dan hambar rasanya, karena secara logika, kalau kita tak mau bersyukur dan selalu mengeluh atas apa yang Allah berikan kepada kita, maka dijamin hidup anda akan sengasara dan murka Allah akan selalu mendekati anda! Bukankah Allah berfirman:
"وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab  (Ibrohim:
2.Bershalawat
,
Karena dengan shalawat Rasulullah lebih mudah mengenal kita kelak pada hari kiamat, usahakan kita bershalawat sedikitnya 10 kali di luar shalat, krena sebagaimana kita ketahu bahwa 
asulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam
bersabda : “Barang siapa yang
bershalawat kepadaku satu kali, maka
Allah akan bershalawat kepadanya
sepuluh kali”.


3.Bertaubat,

Rasulullah saja dalam sehari bisa melakukan istighfar sebanyak 70 kali, yang mana beliau itu telah dijamin oleh Allah 'ma'shum' untuk mencicipi panasnya neraka, maka, apalagi kita....?

4. Berbuat kebaikan dan menjauhi perkara keburukan,

Kita sebagai manusia memang bukanlah makhluk yang sempurna dan bebas dari cela, bahkan seorang Nabi pun yang dijamin masuk surga oleh Allah, dan lagi beliau termasuk Nabi pilihan Allah, masih sempat berbuat kesalahan (baca tafsir, terjemahan, dan asbabun-Nuzul surata 'Abasa juz 30), karena sebagaimana kita maklumi bahwa Zat yang sempurna yaitu hanya Satu, yaitu Allah Yang Maha Sempurna!
Namun dengan perbaikan dari diri kita dan dengan perencanaan yang matang kita mampu berbuat kebaikan dalam kehidupan kita sebanyak2nya, atau minimal kita bisa membuat kebaikan yang kita lakukan setidaknya lebih banyak dibanding kesalahan yang kita perbuat...


5.membaca, menulis dan mengajar,

Hakikat dan tujuan utama dari sebuah ilmu adalah untuk disebarkan, karena buat apa kita mempunyai ilmu namun tidak disebarkan? Nah, salah satu kiatnya adalah dengan kita membaca setiap hari minimal 10 lembar buku saja, atau lebih, kemudian semua ilmu yang telah kita pelajari lewat tulisan, buku atau bahkan lewat alam sekalipun, kita sebarkan! Entah itu lewat tulisan (yah minimal sehari anda tulis sebuah tulisan dengan jumlah 1 halaman juga gak maslah), kemudian anda sebarkan entah lewat status fb, status twitter (kalo nyampe), atau lebih2 anda buat blog dan mempublikasikannya dsana, sehingga dengan itu anda telah berbuat kebaikan dengan menyebarkan ilmu kepada khalayak masyarakat! Atau cara yang terakhir adalah dengan "mengajar", silahkan anda ajarkan apa yang anda ketahui ke pada orang lain, jangan membisu dan sok tidak tahu ketika ada orang yang bertanya kepada anda tentang sesuatu, padahal anda tahu! Kalau bisa ya ajarkan, kalau tidak tahu katakan "saya tidak tahu!"
Dan mengenai hal yang terakhir ini ada taklif (beban) yang berat bagi seorang "muballig" penyebar ilmu,yaitu "mengamalkannya...."

Karena seperti kata pepatah, "ilmu tanpa amal bagaikan pohon tanpa buah..."

Walhamdulillah,,,

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi wabarakatuh...

Komentar

Google + Follower's