@98 Keutamaan membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an diturunkan sebagai penuntun umat islam yang paling utama, dengannya Allah menyelamatkan manusia dari kegelapan menuju cahaya yang terang benderang, Allah berfirman :

" يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلَامِ وَيُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ
"Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus." (1)

nah, selain sebagai penerang dan penunjuk jalan hidup kita, ternyata Al-Qur'an memiliki begitu banyak 
keistimewaan bagi kita semua selaku umat Islam. Berikut akan saya tulis 40 Hadits yang bersumber dari kitab 'Fadhilah Amal' karya Maulana Muhammad Zakariyya Al-Khandalawi Ra., (2)

Sebelum kita berlanjut kepada inti pembahasan, sedikit akan saya ulas mengenai hukum menggunakan hadits dho'if untuk 'fadhilah amal',

Dr. Mahmud Tohhan berkata dalam "taysir mustholah' nya, " dibolehkan oleh para ulama hadits dan selainnya, meriwayatkan hadits-hadits dha'if dengan dua syarat: 1-(hadits itu) tidak berkaitan dengan masalah 'aqidah', seperti sifat2 Allah Swt.
2-(hadits itu) tidak berkenaan dengan masalah penjelasan hukum syari'at, yang menyangkut masalah halal dan haram.(3)

Jadi, hukumnya sah2 saja jika kita mengamalkan hadits yang non-shohih atau hasan (dho'if), karena itu sekedar untuk fadilah amal.

Tentang fadhilah Al-Qur'an itu sendiri, akan di tuliskan sumber satu-persatu lewat sumber terkuat, yaitu Hadits Rasulullah Saw. selaku sang pembawa/penyampai syari'at Islam,

Hadits 1 : "Dari Utsman r.a., Rasulullah Saw. Bersabda, "sebaik2 kamu adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR.Bukhori, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah) (4)

Hadits 2 : "Dari Abu Sa'id r.a. berkata,  Rasulullah Saw. Bersabda, "Allah berfirman, 'barangsiapa yang disibukkan oleh Al-Qur'an daripada berdzikir kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, maka aku berikan kepadanya sesuatu yang lebih utama daripada yang Aku berikan kepada orang-orang yang memohon kepad-Ku. Dan keutamaan kalam Allah di atas seluruh perkataan adalah seumpama keutamaan Allah atas makhluk-Nya" (HR.Tirmidzi) (5)

Hadits 3 : "Dari Uqbah bin Amir r.a. menceritakan bahwa Rasulullah saw. datang kepada kami ketika kami sedang duduk di atas 'shuffah', lalu beliau bertanya, 'adakah salah seorang di antara kalian yang suka pergi setiap hari ke pasar Buthan atau Aqiq lalu ia pulang dengan membawa dua ekor betina dari jenis yang terbaik tanpa melakukan suatu dosa apapun atau memutuskan silaturahmi?' Kami menjawab, 'ya Rasulullah, setiap orang dari kami suka untuk melakukannya.' Rasulullah saw. Bersabda, 'mengapa tidak pergi salah seorang di antara kalian ke masjid lalu mempelajari atau membaca dua buah ayat al-Qur'an (padahal yang demikian itu) lebih baik baginya daripada dua ekor unta betina, dan begitu pula membaca empat ayat adalah lebih baik baginya dari empat ekor unta betina dan jumlah yang sama dari unta-unta." (HR.Muslim dan Abu Daud) (6)

Hadits 4 : Dari Aisyah r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "seorang yang ahli di dalam Al-Qur'an akan berada di kalangan malaikat-malaikat pencatat yang mulia dan lurus, dan seorang yang tidak lancar (tersendat-sendat) di dalam membaca al-Qur'an sedang ia bersusah payah mempelajarinya, akan mendapat ganjaran dua kali lipat." (HR.Bukhori, Muslim, Nasa'i, Abu Daud, tirmidzi, dan Ibnu Majah) (7)

Hadits 5 : Dari Ibnu Umar r.a berkata, Rasulullah Saw. Bersabda, "Iri hati (hasad) itu tidak dibolehkan kecuali terhadap dua hal: seseorang yang dikaruniai Allah kemampuan membaca Al-Qur'an dan ia terus menerus dalam keadaan demikian siang dan malam, dan seseorang yang dikaruniai harta yang banyak oleh Allah dan ia membelanjakannya siang dan malam (di jalan Allah." (HR. Bukhari, Tirmidzi, Nasa'i) (8)

Hadits 6 : Dari Abu Musa r.a berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "Orang mukmin yang membaca al-Qur'an adalah seumpama buah utrujah (limau manis) yang baunya harum dan rasanya manis, orang mukmin yang tidak membaca al-Qur'an adalah seumpama buah kurma yang tidak mempunyai bau harum walaupun rasanya manis, orang munafik yang tidak membaca al-Qur'an seumpama buah 'hanzalah' yang rasanya pahit dan tidak berbau harum, dan orang munafik yang membaca al-Qur'an adalah seumpama bunga raihan, yang berbau harum tapi rasanya pahit." (HR.Bukhori, Muslim, Nasa'i, dan Ibnu Majah) (9)

Hadits 7: Dari Umar r.a berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "Allah mengangkat derajat beberapa kaum melalui kitab ini (al-Qur'an) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula." (HR. Muslim) (10)

Hadits 8 : Dari Abdurrahman bin 'Auf r.a. berkata, Rasulullah bersabda, "pada hari kiamat kelak tiga hal yang akan berada di bawah perlindungan 'Arsy: 1) al-Qur'an yang mulia akan membela manusia, al-Qur'an mempunyai jasmani dan rohani; 2) amanat; dan 3) silatiurahmi yang akan berseru, " ingatlah! Barangsiapa menyambungkan aku, maka Allah menjalin hubungan dengannya, dan barangsiapa memutuskan aku, maka Allah memutuskan hubungan dengannya." (Syarhus Sunnah) (11)

Hadits 9 : Dari Abdullah bin Umar r.a berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "pada hari kiamat kelak akan diseru kepada ahli al-Qur'an, "teruskanlah bacaan Qur'anmu dan teruskanlah menaiki surga tingkat demi tingkat dan bacalah dengan tartil seperti yang telah engkau baca di dunia, karena sesungguhnya tempat terakhirmu adalah dimana engkau telah sampai pada ayat terakhir yang kamu baca." (HR. Ahmad, Tirmidzi, Abu Daud, Nasa'i, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban) (12)

Hadits 10 : Dari Ibnu Mas'ud r.a berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah adalah sama dengan sepuluh kali lipat pahalanya. Saya tidak mengatakan bahwa (alif lam mim) itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, 'lam' satu huruf, dan 'mim' satu huruf." (HR. Tirmidzi) (13)

Hadits 11 : Dari Mu'adz Al-Juhani r.a berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "barangsiapa membaca al-Qur'an dan mengamalkan isi kandungannya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripada cahaya matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kamu di dunia ini. Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri?" (HR. Ahmad dan Abu Daud) (14)

Hadits 12 : Dari Uqbah bin Amir r.a berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "jika al-Qur'an dimasukkan ke dalam kulit kemudian di lemparkan ke dalam api, niscaya api tidak akan membakarnya." (HR. Darami) (15)

Hadits 13 : Dari Ali r.a. berkata, Rasulullah bersabda, "barangsiapa membaca al-Qur'an dan menghafalnya, menganggap halal apa yang dihalalkan di dalam al-Qur'an, dan menganggap haram apa yang diharamkannya, maka Allah Swt. Akan memasukkannya ke dalam surga dan Allah menjaminnya untuk memberi syafa'at kepada sepuluh orang ahli keluarganya yang akan dicampakkan ke dalam neraka."  (HR. Ahmad dan Tirmidzi) (16)

Hadits 14 : Dari Abu Hurairah r. a. Berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "belajarlah al-Qur'an dan bacalah ia, karena orang yang belajar al-Qur'an, membaca dan menyebutnya di dalam shalat tahajjud adalah seumpama wadah yang terbuka yang penuh dengan kasturi, baunya semerbak ke seluruh tempat, dan seseorang yang telah belajar al Qur'an tetapi tidur sementara al Qur'an berada di dalam hatinya, adalah seumpama wadah yang penuh kasturi tetapi tertutup." (HR. Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban) (17)

Hadits 15 : Dari Abdullah bin Abbas r.a berkata, Rasulullah bersabda, " seseorang yang tidak ada sedikit pun al Qur'an di dalam hatinya adalh seperti rumah yang kosong." (HR. Tirmidzi) (18)

Hadits 16 : Dari Aisyah r. a. Berkata, Rasulullah saw. bersabda, "membaca al-Qur'an di dalam shalat lebih utama daripada di luar shalat, membaca al-Qur'an di luar shalat lebih utama daripada tasbih dan takbir, tasbih lebih utama daripada sedekah, sedekah lebih utama dari puasa, dan puasa penghalang dari api neraka." (HR. Baihaqi) (19)

Hadits 17 : Dari  abu Hurairah r.a berkata, rasulullah saw. bertanya kepada kami, “sukakah salah seorang di antara kamu apabila kembali ke rumahnya mendapati tiga ekor betina yang hamil dan gemuk.” Kami menjawab, “tentu kami menyukainya.” Kemudian Rasulullah saw. bersabda, “tiga potong ayat yang kamu baca dalam shalat adalah lebih utama dari pada tiga ekor unta betina yang hamil dan gemuk.” (HR. Muslim) (20) (ibid, hal 362)

Hadits 18 : dari Auts Atstsaqafi r.a meriwayatkan dari kakeknya bahwa Rasulullah saw. bersabda, “membaca al-Qur’an dari hafalan mendapat seribu derajat pahala, sedangkan membaca al-Qur’an dengan melihat mushaf mendapatkan dua ribu derajat.” (HR. Baihaqi) (21)
Hadits 19 : Dari Abdullah Ibnu Umar r.a.meriwayatkan, “sesunggunya hati ini dapat berkarat sebagaimana berkaratnya besi bila terkena air.” Beliau ditanya, “wahai rasulullah, bagaimana cara membersihkannya?” Rasulullah saw.bersabda, “memperbanyak mengingat maut dan membaca al-qur’an.” (HR. Baihaqi) (22)
Hadits 20 : Dari Aisyah r.a berkata, rasulullah saw. bersabda, “sesungguhnya tiap sesuatu itu mempunyai kemuliaan yang mana mereka merasa bangga dengannya. Dan sesungguhnya yang menjadi kebanggaan dan kemuliaan umat ku adalah al-Qur’an.” (HR. Abu Nu’aim-Al-Hilyah) (23)

Hadits 21 : Dari Abu Dzar r.a meriwayatkan, “saya berkata, ‘wahai Rasulullah berilah nasehat kepada saya!’ Rasulullah saw. bersabda, ‘hendaklah engkau bertakwa kepada Allah Swt. Karena takwa adalah akar dari setiap urusan.’ Saya berkata lagi, ‘wahai Rasulullah tambahkan lagi nasihat untuk saya!’ Rasulullah saw. pun bersabda, ‘teruslah membaca al-Qur’an karena al-Qur’an adalah nur untuk kehidupan kamu di atas muka bumi dan bekal yang disimpan di langit (untuk di akhirat).’” (HR. Ibnu Hibban) (24)

Hadits 22 : Dari Abu Hurairah r. a. Berkata, Rasulullah saw bersabda, "tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah, kemudian mereka membaca al-Qur'an dan saling membacakannya satu sama lain, melainkan di turunan sakinah ke atas mereka, rahmat meliputi mereka, para malaikat rahmat mengelilingi mereka, dan Allah Swt. Menyebut-nyebut mereka di depan majeis malaikat." (HR. Muslim dan Abu Daud) (25)

Hadits 23 : Dari Abu Dzar r. a. Berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "sesungguhnya tidak ada yang lebih utama bagi kalian untuk kembali (mendekatkan diri) kepada Allah melainkan dengan sesuatu yang keluar dari-Nya, yakni Al-Qur'an." (HR. Hakim) (26)

Hadits 24 : Dari Anas r.a. meriwayatkan, Rasulullah saw. Bersabda, "sesungguhnya bagi Allah bagi Allah dari kalangan manusia ini, ada sebagian dari mereka sebagai ahli-Nya (keluarga, pen)." Para sahabat bertanya, "siapakah mereka itu?" Rasulullah saw. Bersabda, "Ahlul Qur'an (orang-orang al-Qur'an), merekalah ahli-ahli Allah dan orang-orang istimewa-Nya." (HR. Hakim dan Ahmad) (27)

Hadits 25 : Dari Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "Allah Yang Maha Kuasa tidak pernah mendengarkan sesuatu dengan penuh perhatian sebagaimana Dia mendengarkan dengan penuh perhatian kepada suara lembut dan merdu dari soerang nabi ketika membaca al-Qur'an." (HR. Bukhori dan Muslim) (28)

Hadits 26: Dari Fudhalah bin Ubaid r.a. meriwayatkan, Rasulullah saw. Bersabda, "Allah Yang Maha Kuasa mendengar dengan penuh perhatian kepada suara pembaca al-Qur'an lebih daripada seorang tuan yang mendengarkan hamba perempuannya menyanyi." (HR. Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Hakim) (29)

Hadits 27 : Dari Ubaidah al-Mulaiki r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "wahai ahli-ahli Qur'an janganlah kalian menggunakan al-Qur'an sebagai bantal tetapi hendaknya kamu membacanya dengan teratur siang dan malam, sebarkanlah kitab suci itu, bacalah dengan suara yang merdu dan pikirkanlah isi kandungannya! Dengan begini kamu akan mendapatkan kejayaan. Janganlah kamu minta disegerakan ganjarannya (dalam dunia) karena ia mempunyai ganjaran (yang sangat besar di akhirat)." (30)

Hadits 28 : Dari watsilah r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "saya telah dikaruniai sab'a thuwal sebagai pengganti Taurat, Mi'in sebagai pengganti Zabur, Matsaani sebagai pengganti injil dan Mufasshal sebagai anugerah istimewa kepada saya." (HR. Ahmad) (31)

Hadits 29 : Dari Abu Sa'id al-Khudri r.a. berkata, "suatu ketika saya sedang duduk bersama sekumpulan orang muhajirin yang dha'if yang tidak mempunyai cukup kain untuk menutupi anggota tubuh mereka sepenuhnya, bahkan sebagian mereka melindunginya dirinya di belakang orang lain, dan seorang qori' (orang yang pandai membaca al-Qur'an) sedang membaca al-Qur'an Yang suci. Tiba-tiba Rasulullah saw. Datang dan berdiri di sisi kami. Kedatangan Rasulullah itu menyebabkan qori menghentikan bacaanya. Baginda memberi salam sejahtera kepada kami dan bertanya apa yang sedang kami lakukan. Kami pun menjawab, kami sedang mendengar al-Qur'an dibacakan. Kemudian Rasulullah saw. Bersabda, " segala puji bagi Allah yang telah menciptakan di kalangan umatku sekumpulan manusia yang mana saya diperintahkan agar duduk bersabar bersama mereka." Rasulullah saw duduk di tengah-tengah untuk mengatur kami, kemudian Rasulullah saw. Dengan isyarat tangannya supaya mereka melingkar dan menghadapkan wajah mereka ke arah beliau. Kemudia Rasulullah saw. Bersabda, "wahai sekalian orang muhajirin yang miskin, berita gembira untuk kalian, dengan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat, dan kamu akan memasuki surga lebih dahulu daripada orang-orang kaya dengan perbedaan setengah hari dan setengah hari ini sama dengan lima ratus tahun." (HR. Abu Daud) (32)

Hadits 30 : Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "barangsiapa mendengarkan satu ayat al-Qur'an, akan dituliskan untuknya satu kebaikan yang dilipatgandakan dan barangsiapa membacanya (satu ayat), ia akan menjadi nur baginya pada hari kiamat." (HR. Ahmad) (33)

Hadits 31 : Dari Uqbah binAmir r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "orang yang membaca al-Qur'an dengan suara keras adalah.seumpama seorang yang memberikan sedekahnya secara terang-terangan, dan seorang yang membacanya perlahan adalah seumpama seorang yang memberikan sedekahnya secara sembunyi-sembunyi." (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Nasa'i, Hakim) (34)

Hadits 32 : Dari Jabir r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "Al Qur'an adalah pemberi syafa'at yang syafaatnya diterima dan sebagai penuntut yang tuntutannya dibenarkan. Barangsiapa menjadikan al-Qur'an di depannya, maka aia akan membawanya ke surga dan barangsiapa meletakkannya di belakang, maka ia akan mencampakkannya ke dalam neraka." (HR. Ibnu Hibban dan Hakim) (35)

Hadits 33 : dari Abdullah bin Amr r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "puasa dan al-Qur'an akan meminta syafaat untuk seorang yang taat. Puasa akan memohon 'ya Allah, saya menghalanginya dari makan dan minum di siang hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.' Dan al-Qur'an berkata, 'ya Allah, saya telah menghalanginya dari tidur pada malam hari, maka terimalah syafaatku ini untuknya.' Akhirnya kedua syafaat itu diterima." (HR. Ahmad, Ibnu Abi Dunya, dan At-Thabrani) (36)

Hadits 34 : dari Sa'id bin Sulaiman r.a. meriwayatkan, Rasulullah saw. Bersabda, "pada hari kiamat tidak ada pemberi syafaat di hadapan Allah yang lebih utama daripada al-Qur'an, bukan nabi, bukan malaikat, dan bukan pula yang lainnya." (HR. Abdul Malik bin Habib) (37)

Hadits 35 : dari Abdullah bin Amr r.a. berkata, Rasulullah saw bersabda, "barangsiapa membaca al-Qur'an, maka sesungguhnya ia menyimpan ilmu-ilmu kenabian di antara kedua lambungnya, sekalipun wahyu tidak diturunkan kepadanya. Adalah tidak pantas bagi seorang hafidz al-Qur'an memarahi orang yang pemarah dan tidak patut bertindak bodoh terhadap orang yang bodoh sedangkan al-Qur'an berada di dalam dadanya." (HR. Hakim) (38)

Hadits 36 : dari Ibnu Umar r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "Tiga macam orang yang tidak ada ketakutan pada hari kiamat yang penuh dengan huru-hara dan tidak akan dihisab ke atasnya. Mereka berjalan dengan penuh gembira di atas timbunan kasturi hingga semua manusia selesai dihisab. 1)seorang yang membaca al Qur'an semata-mata karena Allah dan kemudian mengimami orang banyak di dalam shalat sedangkan mereka sangat senang kepadanya; 2) orang yang mengajak orang lain untuk mendirikan shalat semata-mata karena Allah; 3) orang yang berbuat baik terhadap tuannya atau pun terhadap orang-orang bawahannya." (HR. Thabrani) (39)

Hadits 37 : dari Abu Dzar r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "wahai abu Dzar! Jika kamu pergi pada suatu pagi dan mempelajari satu ayat dari kitab Allah (Al-Qur'an), maka lebih baik bagimu daripada mengerjakan shalat nafil seratus raka'at dan jika kamu mempelajari satu bab dari ilmu apakah dapat diamalkan atau tidak dapat diamalkan, maka lebih baik bagimu daripada mengerjakan seribu rakaat shalat nafil." (HR.Ibnu Majah) (40)
Hadits 38 : Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "barangsiapa membaca sepuluh ayat dalam satu malam, maka ia tidak akan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang lalai." (HR. Hakim) (41)

Hadits 39 : dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, "barangsiapa menjaga lima kali shalatnya, maka ia tidak akan dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang lalai, dan barangsiapa membaca seratus ayat dalam satu malam, maka ia akan dimasukkan dalam golongan orang-orang yang taat." (HR Ibnu Khuzaimah) (42)

Hadits 40 : Dari Ibnu Abas r.a. ia meriwayatkan bahwa suatu ketika Jibril a.s. turun lalu memberitahukan kepada Rasulullah saw. bahwa akan terjadi banyak fitnah. Rasulullah saw. Bertanya, "apakah jalan keluar (agar selamat) darinya, wahai Jibril?" Jibril a.s. menjawab, "Kitabullah (al-Qur'an yang mulia)." (HR. Razin) (43)
___________________


(1) Al-Maidah:16
(2) lihat profil lengkap beliau di SINI (klik kata 'SINI')
(3)Mahmud Tohhan, Taysir Mustolah hadts, hal. 65)
(4) Muhammad Zakariyya, Fadhail A'mal, (Bandung, Pustaka Ramadhan, 2000) hal. 337
(5) ibid, hal. 338
(6) ibid, hal. 339
(7) ibid, hal. 341
(8) ibid, hal. 342
(9) ibid, hal. 343
(10) ibid, hal. 344
(11) ibid, hal. 346
(12) ibid, hal. 351
(13) ibid, hal. 354
(14) ibid, hal. 355
(15) ibid, hal. 357
(16) ibid, hal. 358
(17) ibid, hal. 360
(18) ibid, hal. 360
(19) ibid, hal. 361
(20) ibid, hal 362
(21) ibid, hal 362
(22) ibid, hal 363
(23) ibid, hal 365
(24) ibid, hal 366
(25) ibid, hal. 369
(26) ibid, hal. 371
(27) ibid, hal. 374
(28) ibid, hal. 375
(29) ibid, hal. 375
(30) ibid, hal. 377
(31) ibid, hal. 380
(32) ibid, hal. 380-381
(33) ibid, hal. 382-383
(34) ibid, hal. 383
(35) ibid, hal. 384
(36) ibid, hal. 385-386
(37) ibid, hal. 388-389
(38) ibid, hal. 389-390
(39) ibid, hal 390
(40) ibid, hal 391
(41) ibid, hal 391
(42) ibid, hal 392
(43) ibid, hal 392











Komentar

Google + Follower's