@149 Ada Bawal Kok Pilih Tiram ( Judul Buku )

Assalaamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Bismillahirrohmanirrohiem,

Buku ini saya beli pada tanggal 15 Juni 2014 di pelataran parkir Pesantren Darussunnah, Ciputat. tepatnya pada hari Rabu pagi setelah usai melasungkan tes SPMB Darussunnah. Buku ini saya banderol dengan harga Rp. 12.000, bersama dengan beberapa buku lainnya, yang total mencapai harga 106.000, semuanya karya satu orng yang memang sengaja dipamerkan di sana, yaitu penulis kesohor dalam bidang hadits pak Ali Musthafa Ya'qub.

awalnya saya agak penasaran dengan buku ini, ada apakah gerangan dengan judul buku ini? mengapa Bawal yang dijadikan judul, lalu apa kaitannya dengan Tiram? maka tanpa basa-basi walau hanya untuk sekedar membaca review singkat bukunya di sampul belakang, saya pun langsung membelinya. Dan saya memang benar-benar dibuat kaget!

Ternyata eh ternyata, eh isinya malah kumpulan Pantun atau semacam Gurindam gitu, namun yang membedakan jenis pantun gubahan pak Ali ini dengan lainnya, ia menggunakan dan menerapkan penyajian pantunnya lewat perspektif Al-Qur'an dan As-Sunnah. Mantap! (y)

Sebagai contoh marilah kita simak dua buah pantun yang akan saya kutip berikut :

" Daun Selasih Buat Berhias
Disimpan Rapi Dalam Almari
Shalat Tarawih Tidak terbatas
Hadits Riwayat Imam Bukhari " (1)

dan,

" Ada Bawal Kok Pilih Tiram
Tiram Membuat kaki Membengkak
Ada Halal Kok Pilih Haram
Haram Mmebuat Do'a Ditolak " (2)

Dan masih banyak lagi, intinya dengan meluncur bukunya ini, sang penulis ingin menegaskan kepada pembaca bahwasanya Ulama2 dan Cendekiawan salaf dahulu dalam dakwahnya mereka juga ternyata menggunakan kata-kata hikmah bahkan sampai kepada pantun, dalam Mukaddimah buku ini juga disertai contoh yang termaktub dalam kitab Shahih Al-Bukhari bahwa Nabi dan para Sahabat pun tak pelak melantunkan beberapa pantun dalam dakwah nya.

Hal ini jika ditilik lebih lanjut memang sangat tepat sekali dengan kebutuhan dasar manusia, yaitu dimana mereka senang sekali dengan perumpamaan-perumpamaan semacamnya, dan bukankah Allah sendiri dalam Al-Qur'an banyak sekali menggunkan amsal dalam menyampaikan pesan ilah-Nya kepada manusia?

Subhanallah...


 Wassalaamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


___________________________________________________________________________________

(1) Ya'qub Musthafa, Ali. Ada Bawal Kok Pilih Tiram , ( Jakarta : Pustaka Firdaus, 2008 ), h. 25
(2) Ya'qub Musthafa, Ali. Ada Bawal Kok Pilih Tiram , ( Jakarta : Pustaka Firdaus, 2008 ), h. 15


Komentar

Google + Follower's