@155 Makan Dan Minumlah, Namun Jangan Berlebihan

Assalaamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Kosongkan perut, jauhkan diri dari lezatnya makanan dalam hidupmu. Makanlah secukupnya, jangan berelebihan dan jangan over, apa yang kau makan nanti itulah yang kau buang. Sungguh, badan akan terasa berat dan kantuk akan selalu menyerang tatkala perut sudah penuh terisi oleh banyaknya makanan.

Banyak makan hanya akan membuat badan kita seakan ingin merebahkan diri di atas empuknya kasur setiap saat. Ia membuat shalat kita semakin terasa memberatkan, ngaji kita semakin berkurang, membaca kita agak menyurut, pikiran kita pun sedikit demi sedikit akan dibuat tumpul olehnya.

Jika hanya makan dan minum saja yang selalu kita prioritaskan, maka apalah artinya hidup ini? semboyan yang benar adalah yang berkata " Makanlah untuk hidup " bukan " Hiduplah Untuk Makan ". Makan hanya bertugas sebagai penopang tenaga yang akan kita pakai kelak dalam amaliyah kita, namun ia akan menjadi sebuah penyakit yang ujungnya akan membuat kita malas yang akan menimpa kita jika kita terus membiarkan hal ini terjadi dan berlanjut terus menerus.

Ia pun beresiko untuk penyakit berbahaya2 lainnya masuk ke dalam tubuh kita, seperti diabetes, kolestrol, penyakit gula dan lain sebagainya.

Maka dari itu, mari kita sedikitkan jadwal makan kita, jaga pola makan yang sehat dan teratur, semoga dengan itu semua kita bisa menjadi seorang yang memilliki tubuh yang sehat dan memiliki jiwa yang sehat pula. Hal itu sangat lebih bagus jika anda menambahinya dengan kegiatan berpuasa.

Sedikitkanlah makan anda, karena mungkin dengan itu anda sedikit bisa merasa bagaimana pedihnya menjadi orang kelaparan yang sering mangkal di pinggiran-pinggiran kota.

 Wassalaamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Komentar

Google + Follower's