@171 Keutamaan Mencari Ilmu*

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته 

Mencari ilmu adalah kegiatan yang amat mengasyikkan, di dalamnya disediakan berbagai wahana yang bisa membuat kita puas dan terpana. ia laksana surga dunia yang aman untuk dijajaki, dan senantiasa selalu dalam ridho Ilahi jika kita menyibukkan diri untuk melakukan aktivitas di dalamnya.

Hal itu memang amat istimewa, karenanya ia memiliki begitu banyak keutamaan. berikut akan kami paparkan sederet hikmah dan keutamaan mencari ilmu :

1. Derajat kita bisa diangkat oleh Allah Swt. Allah Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.(QS. Al-Mujaadilah: 11)

2. Akan diberikan bagi seorang yang berilmu sebuah kenikmatan yang amat besar, yaitu rasa takut kepada Allah Swt. Allah berfirman, Sesungguhnya hanyalah yang takut kepada Allah diantara para hambaNya adalah ulama.” (Fathir:28). Bagi seorang yang gemar menuntut ilmu, ia akan semakin menyadari bahwa semakin banyak ia belajar, maka semakin kecil dirinya di hadapan Allah Swt. ia tambah mantap dengan keyakinan bahwa manusia adalah makhluk-Nya yang hina dan penuh dengan noda dan dosa, sehingga sangat tidak pantas untuk menyombongkan diri dan mengangkat dada.

3. Dimudahkan jalannya menuju surga Allah Swt. Berkenaan dengan ini Rasulullah Saw. bersabda,
“Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

4. Orang yang menuntut ilmu akan senantiasa dinaungi oleh sayap malaikat.Itu semua dilakukan karena mereka para malaikat senang kepada para pencari ilmu. Rasulullah Saw. bersabda, "Sesungguhnya para Malaikat membentangkan sayapnya (kepada orang yang menuntut ilmu) karena senang kepada orang yang mencari ilmu". (HR. At-Tirmidzi)
 

5. Menjadi Investasi di Akhirat Kelak.
Dari Abu Hurairah r.a. bahawa Nabi Muhammad s.a.w bersabda: "Apabila seorang anak Adam mati putuslah amalnya kecuali tiga perkara : sedekah jariah,atau ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain atau anak yang soleh yang berdoa untuknya." 
(Hadith Sahih - Riwayat Muslim dan lain-lainnya). Bisa dibayangkan, jika kita bisa mengajari beberapa murid saja, kemudian beberapa murid ini mengamalkan apa yang kita ajarkan plus mengajarkan apa yng mereka dapatkan dari kita, maka pahala yang begitu melimpah itu akan terus mengalir kepada kita secara terus menerus. Subhanallah, apalagi jika kita sampai bisa mengabadikannya dalam bingkai-bingkai tulisan, melalui karya dan buku, maka itu akan lebih bermakna lagi.

6. Seorang penuntu Ilmu akan bisa membedakan antara yang benar dan salah. Sehingga diharapkan dengan ilmu yang kita miliki kita bisa mengendalikan langkah-langkah kita agar tidak tersesat dan tak tahu arah jalan pulang ( Afghan ).

Maka dari itu, mari kawan-kawanku semua kita cari ilmu sebanyak-banyaknya, kita timba ilmu pengetahuan dengan sedalam-dalamnya, agar kita bisa mendapatkan semua keistimewaan yang begitu besar yang diberikan oleh Allah Swt. kepada kita semua.

___________________________________________________________________________________

* Tema kultum ramadhan di yayasan An-Naml, Pondok Betung. 23 Juli 2014/26 Ramadhan 1435.




 السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Komentar

Google + Follower's