@172 KUTIPAN TAK DISENGAJA

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته


Kata Syaikh Ali Jum'ah ketka meguraikan tentang sikap kaum ekstremis masa kini, biarkan beliau bercerita.... mari kita simak.... :

" Ciri lain dari kelompok ini adalah keras dan kaku. ia memandang hidup sebagai kesalahan dan harus dibersihkan dari diri kita dengan cara menjauhi seluruh kosa-katanya, baik berupa seni, sastra, keikutsertaan dalam kehidpan sosial, maupun sekedar belajar tata krama. Maka, anda melihat mereka, dnegan senang dan bangga, memisahkan diri dari kehidupan, tetapi tidak mampu melakukannya secara utuh.

Di sini, kita melihat mereka selalu kontradiktif. sering melakukan sesuatu, kemudian meninggalkan sesuatu yang lain padahal sejenis, karena didasari hawa nafsu. Akibatnya, dalam diri mereka terbentuk mentalitas mengikuti hawa nafsu (selera ), sebuah mentalitas yang bertentangan dengan mentalitas ilmiah, dan bertentangan pula dengan logika yang menjadi penopang kehidupan sosial manusia. Dari sini, kita melihat taat aturan dalam mencari pemikiran yang lurus, tetapi dalam waktu yang sama, membangkang, tidak memercayai ulama, kecuali kelompok kecil yang sejalan dengan selra mereka. Hal ini tentu saja menghalangi mereka untuk mendapatkan pesan pengetahuan dan kemasyarakatan.

Tipe manusia ini juga memiliki ciri lain berupa mental konspiratif. Oleh karena itu, dia selalu memandang segala sesuatu yang ada di sekelilingnya sedang merencanakan konspirasi untuk memusnahkannya dari muka bumi, sehingga membuatnya terus menerus terdorong untuk berlawanan dan melawan semua orang yang ada di sekitarnya.

Manusia tipe ini biasanya juga memiliki sifat sombong dan angkuh, sehingga selalu memandang rendah pendapat orang lain. Baginya, perkara yang "Zhanny" ( dugaan kuat ) bisa berubah menjadi " Qoth'iy" ( pasti),dan objek pembahasan berubah menjadi aksioma yang tidak bisa diperdebatkan lagi. Dari sini, skala prioritas menjadi berantakan, yang remeh di dahuukan dari yang penting, maslahat pribadi dari maslahat umum, dna yang masih praduga dari yang sudah terbukti kebenarannya. Tentu saja, semua ini akan berpengaruh buruk kepada seluruh lapisan masyarakat. " (1)

___00000_____0000_____0000_____00000______00000_____00000_____0000

 (1) Prof. Dr. Ali Jum'ah, "Bukan Bid'ah ( Menimbang Jalan Pikiran Orang-Orang Yang Bersikap Keras Dalam Beragama ), ( Tangerang : Lentera Hati, 2014 ), h.22-24




 السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Komentar

Google + Follower's