Muqaddimah Ma'had Darussunnah, Ahlan Wa Sahlan!

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته 

Alhamdulillah, hari ini saya bisa merasakan indahnya belajar keilmuan islam bersama teman-teman di Ma’had Darussunnah Ciputat.  Setelah kemarin pada tanggal 15 Agustus 2014 kemarin kami secara serentak kami kembali ke pondok, malam pada hari kembali itupun langusng diadakan Mudzakarah.

 Mudzakarah adalah sebuah kegiatan belajar malam di Ma’had Darussunnah, dengan kapasitas 10 orang mahasantri yang terkumpul dalam firqoh-firqoh, kami mengulas materi apa yang akan diajarkan esok hari oleh para dosen. Jadi, dengan ini dimaksudkan ketika esok harinya sang guru menerangkan pelajaran, akal dan pikiran kita tidak kosong, minimal sudah ada gambaran yang ada di otak kita, dan ini bisa didapat dalam Mudzakarah.

Dan tiba-tiba saya teringat dengan kata-kata Muwajjah. Sebuah acara yang sama yang juga menjadi kegiatan penting dalam proses belajar di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Madura. Tempat saya dan kawan-kawan semua dididik untuk mnejadi insan yang berguna bagi nusa bangsa dan agama.

Semuanya pun menjadi indah ketika kitab-kitab yang kami pesan sudah tiba ke pondok, kami mengambilnya dengan senang dan dengan penuh harapan, semoga semua isi dalam kitab ini bisa bertransisi ke dalam akal dan hati kita, dan kelak bisa menjadi penolong kita, bukankah dengan ilmu hidup menjadi terang? Adapun kitab yang menjadi standar kurikulum pendidikan disini adalah kutubussittah dan beberapa buku-buku keislaman lainnya.

Adapun yang saya beli adalah Fathul Bari ( Syarh Shahih Bukhari ), Shahih Muslim Bi Syarh Nawawi, ‘Aunul Ma’bud ( Syarh Sunan Abi Daud ), Tuhfatul Ahwadzi ( Syarh Sunan Tirmidzi ), Sunan An-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Tadrib Ar-Rawi, Syarh At-Thahawiyah, Taysir Musthalah Al-hadits, Al-Qowa’id Al-Asasiyyah Al-Lughah Al-Arabiyyah, Jawahirul Balaghah, Fawa’id Al-Janiyyah ( Qowa’id Fiqhiyyah ). Semua itu adalah nama-nama kitab yang Insya Allah akan kami pelajari selama kurun waktu 4 Tahun ( 8 semester ) ke depan, waah! Ini akan menjadi hal yang mengasyikkan tentunya pemirsa....! J J J

Dan Insya Allah, perginya saya ke sini bukan hanya sekedar untuk menuntut ilmu hadits saja. Di samping itu, saya disini berkeinginan untuk lebih bisa menikmati indahnya suasana pondok yang jauh dari hiruk pikuk, hidup bersama kawan di bawah atap keilmuan, berusaha untuk bisa lebih khusyuk dalam beribadah, memfasihkan bacaan Al-Qur’an dengan belajar kepada guru-guru senior disni, dan tentunya, saya disini bisa lebih memfokuskan diri untuk MENGHAFAL AL-QUR’AN!

Ahlan Wa Sahlan Bimaji'ikum Bi Ma'hadi Darissunnah...! Ma'an Najaah, Wa Baarokallahu Lakum...

Wahai, selamat menikmati...


Pesantren Luhur Ilmu Hadits, Darussunnah, Ciputat. Ahad, 17 Agustus 2014. 08:50. Ditulis pada pagi yang cerah, ketika Indonesia tengah memasuki Ulang Tahun-nya yang ke 69, semoga tetap jaya!
 السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته




Komentar

Google + Follower's