Waktu, Hal Yang Sangat Berharga!

Assalamu'alaikum wr. Wb.

Waktu ibarat emas yang ada di tangan kita, maka jangan pergunakan ia buat hal yang tidak berguna. Juallah ia dengan tawaran harga yang semahal-mahalnya, ajak seorang yang ahli tentang harga emas, untuk kau ajak ia ke toko emas, lalu kau jual emas itu dengan harga yang membumbung tinggi.

Waktu laksana berlian, kemilaunya yang begitu menggoda membuat tertarik para pengusaha dan kaya raya untuk membelinya, lalu menjadikannya sebagai perhiasan yang akan menghiasi hidupnya.

Waktu ibarat uang, ini versi barat. Setiap detik yang kita lalui, setiap menit yang kita jalani, setiap jam yang kita habiskan, adalah berpotensial untuk menghasilkan emas. Maka dari itu, semakin kita pandai menggunakan waktu, maka semakin melimpah ruah harta yang akan kita dapat.

Waktu ibarat pedang, jika kau tidak menghunuskannya kepada musuh, maka pedang musuhlah yang akan menebas lehermu. Ini versi Timur. Ini erat kaitannya dengan kiprah umat islam pada masa klasik, dimana mereka seringkali terlibat dalam peperangan dengan musuh. Jika saja ia lengah dalam menggunakan waktu, ia tak gunakan waktu untuk melemparkan serangan di saat kesempatan tiba, tak dihunuskannya pedang yang sangar itu ke batang leher musuh, maka musuhlah yang mengangkat tangan lalu menebaskan pedangnya ke leher orang yang tak menggunakan waktu dengan baik tersebut.

Sekali lagi, gunakan waktu dengan sebaik-baiknya...

Wassalamu 'alaikum wr. Wb....

Ma'had Darussunnah, Kamis 4/09/14.

Komentar

Google + Follower's