Hamka dan Falsafah Kehidupan

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Hamka berkata : Berkata para ahli falsafah : “Orang yang  miskin di dunia ini adalah orang yang paling banyak kehendaknya, itulah orang yang miskin. Siapa orang yang kaya di dunia ini? Yang merasa cukup dengan apa yang ada, dia bersyukur atas yang ada. Bukan berarti dia menolak yang tidak ada, kalau ada syukur, kalau belum ada sabar.”

Sungguh betapa indahnya ungkapan beliau ini, yang amat rapi susunan katanya yang tersimpan dalam sebuah irama mp3 di folder dalam laptop. Memang benar, semakin banyak angan dan cita-cita yang menguar dari jiwa, yang tanpa diimbangi dengan usaha dan tawakkal serta bersyukur atas apa yang telah dicapai, maka akan semakin menyempitkan dada dan membat gelisah di hati saja.

Begitupun sebaliknya, jika kita mampu mensyukuri apa yang ada, merasa cukup dan puas atas apa yang telah dianugerahkan oleh Allah maka hati akan menjadi tenang dan dada menjadi lapang. Hal ini tentunya usai kita berpeluh keringat, meraih asa dengan se-ulet mungkin, dan bertawakkal atas semua usaha yang telah dikerahkan dengan segenap jiwa.

Semoga Tercerahkan...


Jakarta, Selasa 17 Februari 2015. 20:19

 السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Komentar

Google + Follower's