Ayat-Ayat Inspiratif

Untuk menuju kehidupan yang ideal dibutuhkan kerja yang tidak sedikit dan tidak sembarangan. Butuh keringat dan peluh serta beberapa manajemen untuk memantapkan setiap langkah yang akan kita ayuh.

Kalau hanya kerja banyak tanpa perlu diselingi dengan kekreatifan pe manajemenan kerja, maka apa bedanya kita dengan tukang kuli angkat barang di stasiun yang setiap harinya bekerja dengan tubuh bersimbah keringat, namun hasil tak kian meningkat.

Maka, butuh ilmu dan kearifan dalam menyikapinya untuk menjadikan derap langkah menjadi lebih bermakna dan punya arti penting. Ilmu yang mencerahkan, Ilmu yang membangun, Ilmu yang mengkokohkan pendirian.

Diantara khasiat ilmu dalam hidup adalah sebagai peneguh kaki saat berpijak. Falsafah hidup yang bijak agar senantiasa dilestarikan dan dikembangkan. Ilmu yang kita punya diharapkan mampu membawa deru nafas menjadi teratur dan bisa mengantarkan cita-cita menuju kenyataan.

Untaian peristiwa kehidupan amat beragam. Ada yang menggembirakan, ada yang membuat air mata tumpah. Ada yang menjadikan jiwa ingin menakhlukkan dunia, karena semangat yang meletup amat kencangnya. Ada yang membuat jiwa menjadi lemah, bagai tertikam tombak nan tajam kuncupnya.

Disini saya akan ungkapkan sedikit sebuah ilmu yang membahas masalah demikian, yang semoga saja bisa menjadi bahan bermanfaat pembentukan mental menuju pribadi yang ideal.

Ilmu dari al-Qur'an yang begitu mulia. Untaian ayat-ayat yang istimewa akan selalu mampu menjawab problematika yang dialami manusia. Telah datang kepada manusia hikmah yang indah, sekaligus penyembuh lara yang bersemayam di dada. Demikian Tuhan berkata.

4 Ayat Kausalitas

"Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihat (kepadanya)." (An-Najm : 39-40)

"Itu adalah umat yang lalu; baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan." (al-Baqoroh : 134)

"(karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan," (An-Nisa' : 32)

"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya. Dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula". (Az-Zalzalah : 7-8)

2 Ayat Penyemangat
 
"Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". (Yusuf : 87)


"Ibrahim berkata: "tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat". (Hijr : 56)

1 Ayat Penghujung

"Dan bersabarlah, karena Sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan." (Hud : 115)

Komentar

Google + Follower's