Catatan Ringan di Kamis Siang

Agar menjadi mulia, kita harus menjaga sikap dan norma -norma kehidupan dengan sebaik mungkin. Kendalikan hawa dan atur jiwa agar selalu berjalan beriringan dengan perundangan-undangan yang sehat dan bisa membawa kita menuju jalan keselamatan.

Supaya jadi hebat, kita harus pandai memanfaatkan waktu yang disediakan. Hidup hanyalah rentetan kejadian kosong dan tak berarti semata, jika kita tak mahir dan mumpuni mengolah nikmat yang amat raksasa ini, yaitu waktu.

Telah kita saksikan, lewat telinga dan mata, betapa banyak generasi-generasi terdahulu bisa hancur dan lebur akibat ulah yang semborono dan benar2 urakan dalam menggunakan waktu. Ia laksana air bah yang deras, terserah kita, mau dibiarkan saja tanpa dialirkan ke sebuah danau lantas menghancurkan pemukiman kita, atau dibuat kan sebuah parit yang bakal membawa arus tersebut menuju waduk atau penampungan lainnya, sehingga dengan demikian, kita bisa mengambil berkah darinya.

Dan pula, agar tetap keren dan lebih berwibawa, jangan banyak tidur dan istirahat serta melimpah waktu leha2 anda. Yang sehingga, dengan demikian, struktur kegiatan yang telah anda konstruksi menjadi bangunan menjulang ambruk dan rebah ke bawah berkumpul dengan tanah. Atau, sederhananya, jangan anda menjadi malas!

Salah satu faktor yang akan membuat anda terjangkit penyakit ini, penyakit yang membuat orang cerdas sekalipun terhempas tak berdaya tatkala mendernya, adalah banyak makan.

Makan berlebihan hanya akan membuat kita lemah dan mudah terkena penyakit malas. Yang terbaik adalah jika kita melakukan hal tersebut hanya untuk menegakkan tulang belakang, begitu Nabi mengajarkan, hanya sekedar mengisi energi kita untuk berjalan dan melakukan aktivitas.

Namun, seringkali nafsu menjadi raja dalam diri kita, atau kita sendiri yang melantiknya menjadi raja, sang pemilik otoritas titah tak terbantahkan. Yang pada akhrinya, makan bukan lagi menjadi sekedar pengisi energi saja, akan tetapi ia telah berubah menjelma menjadi gumpalan kotoran yang mendekam dalam perut kita yang hendak memasung langkah kita agar tak bisa maju ke depan.

Dan yang terakhir, yang bakal menjadikan anda orang super adalah dengan, menghargai diri anda sendiri dengan harga yang sesuai serta tak berlebihan. Jangan terlalu murah, sehingga anda dilecehkan. Dan jangan terlalu mahal, hingga anda akhirnya tak terjual!

#Kamis, 12 Mar 2015, Asrama Darsun Kamar 4. :)

Komentar

Google + Follower's