Catatan Bijak Dari Andrea Hirata

Seorang penulis tidak boleh berharap bahwa tulisanbya kelak harus terkenal dan tersohor. Tulis dengan hati yang tulus dan biarkan ia lepas mencari peruntungannya di alam bebas sana (Andrea Hirata, Talkshaw novel “Ayah”)

Cara pandai mnejadi penulis adalah terus belajar dengan cara yantg benar dan berguru kepada orang yang benar pula.dan perluaas wawasan. Serta harus mempunyai tendensi untuk menajdi pengamat kehidupan yang sejati.

Cara agar tulisan menajdi keren adalah yang “filmis” yakni menggamabr kan dalam tulisan dengan detail perhal keadaan. Misalnya naik mobil, jelaskan merk mp=obilnya apa, warna, serta siapa yang mengendarainya. Jadi seorang pembaca seakan ikut main ke dalam tulisan.

Yang pertama adalah tanyakan dalam diri anda, apakah benar-benar cinta menulis? tanyakan dalam diri apakah dia bisa hidup tanoa menulis? jika masih mengatakan ia, maka ia tidak memiliki jwia penulis. Harus ada ghiah yang meletup-letup di dalam jiwa tentang semangat menulis. 

bagaiamana sebuah tulisan mempunyai dampak yang nyata, bukan hanya royalityd an popularitas saja.

Laskar pelangi adalah awal karya fiksi milik Andrea, dan itu adalah sebagai hadiah buat ibu guru Muslimah. Ini bukan karena saya mahir dalam menulis, tapi ini adalah berkah. 


Komentar

Google + Follower's