Tulisan Perdana Di Darsun Semester 3

Ini adalah tulisan pertama ku sesaat setelah mnejejakkan kaki di bumi pondok tercinta, Darus-Sunnah, Ciputat.

Hari Sabtu (07/8) adalah waktu semua mahasantri kembali ke tempat menimba ilmu tercinta, pulang kembali ke rumah tempat ilmu pengetahuan didiskusikan dan diperbincangkan dengan serius dan tertib.

Puluhan kawan saya, yang datang dari berbagai daerah di jajaran Nusantara berbondong-bondong melabuhkan diri ke tempat ini, meski hati terdalam masih tersangkut di tempat dimana mereka menghabiskan liburan cukup panjang kemarin.

Saya termasuk bagian mereka. Walau raga ini telah resmi memijakkan diri di tanah Cirendeu, namun jiwa masih mengapung di daerah Bintaro. Perasaan seperti ini adalah wajar dan manusiawi, karena masa lalu adalah bagian penyempurna dari masa depan.

Selama liburan kemarin saya disibukkan dengan banyak hal. Baik yang membuahkan manfaat atau tidak semua saya lakoni. Liburan memang seperti ini, tak menjamin untuk mampu fokus memancal aktivitas yang hanya membuahkan manfaat saja. Bahkan, bisa dikatakan, liburan adalah tempat kita menikmati rentetan waktu dengan ekstase tinggi serta berpotensi membuat kita lupa daratan. Kecuali bagi orang-orang yang diberi pengetahuan!

Maka, berbarengan dengan langkah yang saya ayunkan ke tempat pengasingan tercnta ini, saya mantapkan dalam hati untuk membawa diri menuju lebih baik lagi. Kiranya ini bagai hijrah dari ke-nyantai-nyantai an menuju ke-serius-an. Menghunjamkan dalam hati rasa lebih serius untuk instropeksi sekaligus memperkaya wawasan. Memacu semangat, memberantas rasa malas yang hinggap.


Ciputat, 7 Agustus 2015. 

Komentar

Google + Follower's