Ronda Malam dan Sekelumit Suara HT Pak Hansip yang Semakin Malam Semakin Meracau Nadanya


Mendengar lamat-lamat pembicaraan di HT di pos jaga Darus-Sunnah. Semakin matang malam mendewasakan diri, nada-nada yang keluar dari perangkat elektronik kecil itu semakin tak menentu. Semakin meracau.

Satu yang saya dengar, ada seorang penjaga malam sekitar Ciputat curhat kepada pak RW, bahwa mesti dirinya sudah tua, rambut memutih kulit mengerut gigi banyak yang tanggal namun semangat jaga malam masih terus membara! Hansip satu ini juga memotivasi kepada semua pemirsa pendengar, kerabat hansip seperjuangan dimanapun berada, para pemegang kendali keamanan malam, agar terus melestarikan semangat menemani laju malam dengan kewaspadaan.

Haha, ini cukup lucu bagi saya. Bagaimana percakapan yang tidak begitu jelas ini menjadi simbol bahwa antar para penjaga harus terus mengidupkan komunikasi. Pak Eko, salah satu satpam Darus-Sunnah, mengungkapkan, bahwa setiap pos jaga malam selalu ada alat elektronik kecil semacam ini. Terjaring dari beberapa RW untuk kemudan, katanya, disambung pula ke Polsek. Waaw! Afiliasi gemilang! Tak jarang pula candaan dan ungkapan saling memotivasi kerap menyibak pekatnya malam di pos-pos jaga.

Acuhkan siklus perbincangan yang tidak jelas hitam putihnya ini. Yang penting selalu terdengar denging dari jaringan penghubung ini. Betapa satu sama lain dari manusia adalah saling membutuhkan. Kita makhluk sosial yang butuh teman berbagi kisah, candaan, tak jarang pula menuang kesedihan, mengadukan pilu sambil meminta solusi jalan keluar. Thats right! J

Selalu sehat aman terkendali! Kata salah seorang yang terlibat dalam perbincangan ngalor-ngidul ini, saat ditanya bagaimana keadaan organ-organ disana.

Manusia tidak bisa merasa paling benar dan gemar merendahkan orang lain. Seandainya semua orang menjadi pintar, berpendidikan, dan memiliki kiprah keilmuan yang maksimal, maka tak akan ada yang mau menjadi kuli bangunan, tak akan ada pembangunan gedung maupun perumahan. seandainya semua orang adalah professor, maka siapa yang akan menjadi mahasiswa? Akan mendapat penghasilan darimana sang professor jika pengajaran dan penelitian tak lagi berfungsi, tak bisa menelurkan dana, karena buat apa? Wong semuanya sudah pintar-pintar.

Kalau saja semua orang kaya, siapa yang akan menjadi pembantu yang mengurusi rumah tangga, siapa yang akan mau berlelah mengantar aqua galon dan isi ulang untuk memberi minum, siapa yang mau dengan cukup capek sejak pagi membentangkan dagangan sayur di pasar-pasar untuk menyediakan bahan masakan sekalian. Siapa? Kalau semua jadi kyai, siapa yang segan jadi penjaga malam?

Seandainya demikian. Betapa kita saling membutuhkan. Maka tak boleh saling menjegal, mencai yang lain karena berbeda dengan kita. Ingat, orang yang anda cela selalu mampu tampil lebih andal di bidang yang dia geluti.

Malam memuncak. Menua. Nyamuk-nyamuk tetap terjaga, mengusik manusia yang tertidur maupun yang tetap terjaga. Setiap Soffel yang diusap di sekujur tubuh mengering, rombongan serangga kecil terbang itu datang singgap di kulit. Sedia mengoyak ketenangan umat berperasaan. Ya Tuhan, tolong lenyapkan mereka dari muka bumi! Desah saya.

Jam dinding merk Quartz yang menggantung di pos jaga Darsun terus berdetak. Cicak di tembok merayap. Ikut menyimak ketidak jelasan dengingan suara yang menguar dari perangkat kecil hitam yang tak henti-hentinya berkoar tak keruan. Meramaikan hening malam. Kipas merek Sanex yang melekat di dinding pos terus berputar baling-balingnya. Menyajikan angin keteduhan. Dunia ini panas dan penuh pertempuran, tampakna kipas paham bahwa diirnya harus bekerja maksimal meluruhkan penat yang bersemayam di jiwa-jiwa manusia.

Mata mulai mengantuk pukul 03:20-an. Jaga malam dengan mengonsumi indomie soto 2 plus telur  adalah penyebabnya. Perut kenyang akan menggirin manusia menuj lelap yang nikmat terbayangkan. Top Cofee yang sudah diteguk sebelumnya seakan sirna. Stimulusnya raib dihempas rasa kenyang.

Saya alihkan fokus untuk menonton film aksi Cina. Dan hilanglah rasa jenuh. Menyingkirlah rasa kantuk. Siap temani jaga malam. J

Darus-Sunnah, 03 September 2015 (03:40)


Komentar

Google + Follower's