Yuk, Hidup Sehat!


Wisdom Of Life memproklamirkan bahwa kesehatan adalah mutiara kehidupan. Hidup yang dibarengi dengan jiwa dan raga yang sehat jauh lebih nikmat dibanding memiliki perbendaharaan harta yang melimpah namun tubuh diliputi berbagai macam penyakit.

Bijak bestari melontarkan, “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”

Beragam penelitian telah dikemukakan oleh pakar terkait bagaimana kiat merawat kesehatan. Adapun saya, berdasarkan pengalaman dan pertimbangan dari apa yang saya jelajahi, hidup sehat itu yakni jika kita memperhatikan hal-hal berikut:

1)      Tidak merokok
Seluruh jajaran kedokteran dari berbagai sekte dan mazhab telah sepakat, bahwa merokok adalah buruk bagi kesehatan. Tidak ada perselisihan pendapat dalam hal ini. Karena berdasarkan analisis data ilmiah, rokok positif dinyatakan mengandung zat-zat berbahaya jika dikonsumsi Tubuh.

Adapun pengamalannya jika ditimbang dari berbagai faktor, maka para ilmuwan berbeda pendapat. Ada yang berpendapat tetap pada ketidakbolehan  mengonsumsi batang nikotin tersebut. Ada yang berpendapat boleh berdasarkan beberapa pertimbangan. Bahkan ada yang mengklaim bahwa itu baik karena dengan menghisapnya diduga mampu mencerdaskan nalar berpikir seseorang.

Demikian ragam pendapat seputar rokok. Berbilangnya perspektif disiplin keilmuan dalam menyikapi sebuah masalah telah melahirkan interpretasi beragam. Silahkan anda pilih yang pas dengan bisik suara hati anda!

2)      Menjaga Pola Makanan

Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Saya mengartikan berlebihan jika seseorang, lantaran over soal makanan, ia mengorbankan aktivitas yang wajib ditunaikan.


Merupakan bagian dari menjaga pola makanan yakni gizi dan nutrisi terpenuhi dalam makanan yang hendak kita lumat. Empat sehat lima sempurna harus dipertimbangkan demi totalitas kualitas makanan yang akan kita konsumsi.

Oiya, makan malam juga bisa termasuk dalam hal yang harus dipantangi. Karena makan malam dikabarkan mampu membuat seseorang terkena obesitas, dan pengidap obesitas rentan terkena penyakit. Kecuali memang jika sudah lapar sekali, semenjak siang belum makan, maka daripada kejang-kejang kelaparan, silahkan makan secukupnya. Atau, jika anda seseorang yang kurus, yang amat yakin bahwa makan malam tak akan membuatnya gempal, maka tidak apa-apa.

Makan malam juga kurang baik jika anda ingin melek hingga malam, lembur untuk mengerjakan tugas. Asupan makanan malam membuat mata kian sayup, watt-nya semakin redup, tinggal rebahan tuntaslah perkara. Berpindahnya anda dari alam realita ke alam mimpi adalah pertanda bahwa anda telah mengucapkan kalimat perpisahan pada tugas anda yang belum terselesaikan! Dan itu adalah malapetaka akdemis yang harus dihindarkan!

Demikian diagnosa yang berlompatan dari benak saya, yang bukan anak kedokteran. Semoga sesuai dengan resep ahli. J

3)      Rajin konsumsi buah-buahan

Buah adalah anugerah yang Tuhan berikan kepada manusia yang berfungsi sebagai pelestari kesehatan pada tubuh manusia. Gizi dan nutrisi yang dikandung begitu berpengaruh untuk perbaikan sistem kekebalan dalam diri manusia. Muatan bernilai dalam buah mampu menjadi penawar untuk mereka yang mengidap penyakit.

Selamat mencicipi buah-buah-an! Selamat menjadi manusia-manusia sehat!

4)      Gemar berolahraga

Olahraga mengapa ia amat dianjurkan sebagai bagian dari penetrasi kesehatan tubuh, jawabannya adalah karena saat olahraga tubuh kita mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Olahraga membakar kalori yang mengendap dalam tubuh kita, sehingga tubuh menjadi segar kembali dan kondisi menjadi lebih prima.

Selamat mereguk manfaat dari tulisan di atas. Semoga berkah. J


Bintaro, 5 hari menjelang hari Natal 2015

Komentar

  1. Rutinitas yang paling sering dijalani untuk hidup sehat adalah Olah Raga, dan ini pun yang paling sulit sepertinya. :D

    BalasHapus
  2. Hehe. Iya, Setuju Bung Ardy. Sulit itu di awal, kalau sudah biasa ndak kok. Saya tengah mencoba membiasakannya. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Google + Follower's