Darus-Sunnah dan Penggalakkan Kajian Hadis !

Ciputat- Selasa, 15 Maret 2015, program Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru (SPMB) Darus-Sunnah tahun 2016 resmi dimulai. Agenda tahunan ini dilangsungkan sebagai bukti konsistensi Darus-Sunnah sebagai instansi yang berkutat pada kajian hadis dalam melestarikan regenerasi yang sungguh-sungguh menyorot perjalanan intelektual keislaman, terkhusus dalam bidang hadis.

Pendaftaran kali ini dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama dimulai pada 1 Maret sampai 31 Mei 2016, sedang gelombang kedua dihelat mulai tanggal 01 sampai 26 Juni 2016.

Penentuan tanggal tersebut usai dilakukan permusyawarahan antar banyak pihak mengenai pertimbangan SPMB UIN Jakarta 2016. Tanggal yang tepat tersebut diharapkan mampu menjamah banyak peserta SPMB Darus-Sunnah 2016. Karena, lazimnya, mahasantri yang diam di Darus-Sunnah adalah yang juga berstatus sebagai mahasiswa di kampus UIN Jakarta. Meski tidak menutup kemungkinan kampus-kampus maupun instansi-intsansi pendidikan lainnya juga turut ikut berpartisipasi menjadi keluarga besar Darus-Sunnah.

          Pendaftaran SPMB Darus-Sunnah tahun ini bisa melalui web resmi www.spmbdarussunnah.net ataupun langsung datang ke stand pendaftaran. Kantor kesekretariatan SPMB Darus-Sunnah yang bertempat di Gedung Baru Darus-Sunnah ruang 3 membuka pintu pendaftaran sejak awal pendaftaran dibuka yakni tanggal 15 Maret-26 Juni 2016, menyusul kemudian Stand Fathullah dan Stand Student Centre (SC) UIN Jakarta yang dibuka serentak pada tanggal 15-31 Mei 2016 (Gel. 1) dan 1-26 Juni 2016 (Gel. 2).

      Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon pendaftar yakni pertana berstatus mahasiswa semester 1 atau 3, kedua melengkapi berkas fotokopi ijazah SMA atau sederajat, ketiga mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan 1 lembar foto ukuran 2X3 dan 3X4, keempat melunasi biaya pendaftaran Rp. 180.000, dan kelima mengikuti ujian seleksi mahasantri baru 2016.

         Kepanitiaan SPMB Darus-Sunnah yang melibatkan seluruh mahasantri semester 4 dan sebagian semester 2 di Darus-Sunnah kali ini diketuai oleh Muhamad Alvin Nur Khoironi. Bukan hanya bertujuan sebagai bentuk khidmat kepada almamater tercinta, kepanitiaan ini dimaksudkan pula untuk menempa keahlian mahasantri dalam berorganisasi, dimana organisasi/munazhomah itu sendiri merupakan salah satu rangkaian dari trilogi yang dimiliki Darus-Sunnah, yang harus senantiasa digalakkan serta ditanamkan dalam kepribadian seluruh Mahasantri.

      Lewat perhelatan SPMB ini, sejatinya pihak Darus-Sunnah mencoba membantu insan-insan akademis yang telah tersebar di kampus-kampus dalam mengkaji lebih dalam soal hadis dan khazanah keilmuannya. Kami, dari pihak penyelenggara, berharap besar kepada civitas akademika yang memiliki gairah intelektual tinggi agar turut berpartisipasi dalam menyemarakkan pesta kajian keilmuan yang amat sayang jika disia-siakan ini. (j)

      Darus-Sunnah, 20 Maret 2016


Komentar

Google + Follower's