Asbab Wurud Sebagai Metode Menganalisa Pemahaman Hadis Nabawi


ABSTRAK

Lazimnya teks keagamaan yang lahir dengan situasi dan kondisi budaya tertentu, Hadis sebagai sumber primer hukum Islam juga tak bisa lepas dari pergumulan dengan kondisi sekitar ketika hadis tersebut disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw.

Literatur dalam bidang kajian hadis menyebutnya sebagai Asbab Wurud al-Hadis, yakni sebuah ilmu yang membahas kondisi di mana sabda NabLazimnya teks keagamaan yang lahir dengan situasi dan kondisi budaya tertentu, Hadis sebagai sumber primer hukum Islam juga tak bisa lepas dari pergumulan dengan kondisi sekitar ketika hadis tersebut disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw.


Literatur dalam bidang kajian hadis menyebutnya sebagai Asbab Wurud al-Hadis, yakni sebuah ilmu yang membahas kondisi di mana sabda Nabi diucapkan ke publik. Sebagaimana asbab nuzul yang ada dalam kajian al-Qur’an, asbab wurud juga menjadi penting dalam mewujudkan pemahaman yang komprehensif atas hadis.

Al-Bulqiny (w. 805 H) As-Suyuthi (w. 849 H),  Ibn Hamzah al-Husayny (w. 1120 H) dan Ibn Muhammad Ashri merupakan bagian dari ulama yang banyak menuangkan ide dan gagasannya mengenai sabab wurud al-hadis. Dalam kajian teoritis yang kami temukan, sabab wurud menjadi satu media untuk menepis tesis bahwa terdapat kontradiksi antara dalil-dalil nash, baik itu al-Qur’an maupun Hadis.

kata kunci : Asbab al-wurud, naqd matn, istidlal, ulum al-hadis

Download File disini - ASBAB WURUD 

Komentar

Google + Follower's