Pemahaman Hadis Kaum Jamaah Tabligh (Berita Acara Diskusi Rasionalika)



Ciputat- Kajian yang dihelat Lembaga Kajian dan Riset Rasionalika pondok pesantren Darus-Sunnah, Pisangan Barat, Ciputat pada Jum’at malam, 03 April 2018 dengan tema “Pemahaman Hadis Jamaah Tabligh” berjalan sangat menarik.

Kajian ilmiah kali ini adalah membedah tesis yang ditulis oleh Alfauzi Abdillah, Lc., MA dengan judul “Problematika Pemahaman Hadis Jamaah Tabligh” saatbeliau menempuh jenjang pendidikan magister di Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta. Alfauzi Abdullah lulus menyandang pedikat magister pada tahun 2017 dengan Hadis dan Tradisi Kenabian sebagai konsentrasinya.

Acara dimulai pada jam 10 malam selepas mahasantri Darussunnah selesai muzakarah beberapa menitSembari menikmati seduhan kopi hitam yang disuguhi panitia, peserta kajian khidmat menyimak uraian penyaji diskusi yang berjumlah empat orang. Acara berlangsung di Perpustakaan Mahad Darussunnah (PMD) hingga pukul 01.30 pagi. 

Suguhan materi yang disampaikan amat menarik, ditambah penuturan pengalaman beberapa penyaji yang ikut langsung kegiatan Jamaah Tabligh seperti Khuruj (agenda berdakwah selama 40 hari yang dilakukan oleh Jamaah Tabligh) dan lainnya membuat kultur diskusi menjadi hangat dan mengasyikkan.

Petugas kajian diatur sedemikian rupa. Turut bertindak sebagai moderator Abdul Ghafur, mahasantri Darussunnah semester 2 asal Madura. Empat penyaji yang masing-masing bertugas menyampaikan satu bab dari hasil penelitian Alfauzi Abdullah : Aldiansyah, Musa Wardi, Jhonni Hendrik dan Insan Hubba Hakiki. Dan tamu spesial yang turut hadir memberikan catatan kritis adalah Ust. Dr. Ahmad Ubaydi Hasbillah dan Ust Hanifuddin.

Sebagai sebuah institusi yang fokus menggeluti keilmuan hadis membuat Darussunnah, yang dalam hal ini diwakili oleh Lemkaris Rasionalika, merasa perlu menghadirkan kajian ilmiah seputar hadis yang ditulis oleh para sarjana mengenai hadis. Salah satunya adalah mengenai pemahaman hadis menurut kaum Jamaah Tabligh yang ditulis oleh alumnus Darussunnah tahun 2014 silam ini.

Tujuannya untuk menghadirkan pemahaman yang komprehensif seputar dinamika perkembangan hadis berikut pemahaman tentang hadis yang dipraktikkan di masyarakat.  Dalam perjalanannya, Darussunnah aktif memberikan kajian mingguan seputar hadis yang dilakukan secara sistematis dan terarah.

Notulensi diskusi bisa dilihat lengkapnya DI SINI

Komentar

Google + Follower's